Seluk-beluk tarif cukai tembakau

Jarang sekali buku yang membedah secara komprehensif dan memberi pemahaman kepada publik tentang seluk beluk kebijakan tarif cukai rokok.

Buku Dinamika Kebijakan Tarif Cukai Rokok: The Untold Story (2019). Alinea.id/Soraya Novika.

Kebijakan menaikan tarif cukai rokok kerap menjadi perdebatan. Kebijakan ini dinilai bisa meningkatkan pendapatan negara, mengontrol produksi, dan mengendalikan konsumsi rokok di masyarakat. Di sisi lain, tarif cukai rokok bisa memberikan dampak negatif terhadap petani tembakau dan industri rokok skala kecil dan menengah.

Namun, berangkat dari persoalan tersebut, jarang sekali buku yang membedah secara komprehensif dan memberi pemahaman kepada publik tentang seluk beluk kebijakan tarif cukai rokok.

Buku Dinamika Kebijakan Tarif Cukai Rokok: The Untold Story (2019) hadir untuk memberikan ruang tersebut.

Penulis buku ini seluruhnya berasal dari lembaga pembuat kebijakan soal cukai, yakni pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Mereka, antara lain Kepala Subdiktorat Tarif Cukai dan Harga Dasar Sunaryo, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Meulaboh Akbar Harfianto, Kepala Seksi Tarif Cukai dan Harga Dasar I Hary Kustowo, Pelaksana tugas Seksi Tarif Cukai dan Harga Dasar I Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai Rizky Firmansyah, dan Pelaksana tugas Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I Ayunanda Melliana.

Pengantar buku ditulis empat mantan Direktur Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Direktur DJBC yang masih menjabat, Heru Pambudi.