Sisi muram kebun binatang

Salah satu sisi kelam kebun binatang adalah tak terjaminnya kesejahteraan satwa.

Ilustrasi petunjuk arah ke kebun binatang./Foto Cairomoon/Pixabay.com

Medan Zoo menjadi sorotan usai ada tiga harimau mati dalam kurun waktu tiga bulan. Selain itu, Medan Zoo juga disebut-sebut memiliki utang ke vendor terkait pakan satwa dan gaji pegawai belum dibayar selama empat bulan terakhir. Tempat wisata ini pun kotor dan tak terawat, dengan kandang satwa yang tak sesuai standar kelayakan dan banyak yang rusak.

Kisah muram kebun binatang, beberapa waktu lalu juga menimpa Natural Bridge Zoo di Rockbridge County, Virginia, Amerika Serikat. Menurut the Roanoke Times, pada Desember 2023 dalam penyelidikan kepolisian dan Kejaksaan Agung Virginia, ditemukan 27 satwa mati.

Hewan yang mati, di antaranya burung bangau, aligator, llama, kucing serval, dan burung macaw. Pihak berwenang juga menemukan bagian tubuh hewan, seperti kepala jerapah, kaki zebra, dan kepala monyet mandril.

Beberapa hewan ditemukan di kandang yang kotor, tanpa makanan atau air. Seorang informan, seperti dikutip dari the Roanoke Times menyebut, kondisi kesejahteraan gajah di bawah standar, termasuk seekor zebra yang diduga telah diberi obat kedaluwarsa.

Ini bukan pertama kalinya Natural Bridge Zoo yang sudah dibuka sejak 1972 itu tersandung masalah. Pada 2015, kebun binatang tersebut menerima tuntutan Undang-Undang Kesejahteraan Hewan Federal karena gagal memberikan perawatan hewan yang memadai terhadap seekor gajah bernama Asha. Tahun 2022, kebun binatang itu kembali dikiritik lantaran memaksa gajah bernama Asha itu ditunggangi pengunjung.