Tokopedia: Transaksi pembelian kambing kurban meningkat hampir 70%

Tokopedia mencatat, Aceh, Sumatera Utara dan Bali menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah pembeli qurban.

Tokopedia ungkap tren qurban online jelang Iduladha 2023. Foto: Tokopedia

Iduladha atau Hari Raya Qurban merupakan momen yang dirayakan umat muslim di seluruh dunia. Selain identik dengan menyembelih qurban, Idul Adha juga dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga.

Jelang perayaan Iduladha tahun ini yang jatuh pada 29 Juni 2023, berbagai kebutuhan terkait persiapan perayaan hingga pembelian hewan qurban dilakukan masyarakat dengan berbagai cara, termasuk melalui transaksi online melalui Tokopedia.

Tokopedia ungkap tren qurban online jelang Iduladha 2023
Sales and Marketing Senior Lead Tokopedia Bayu Aditya, mengungkapkan tingginya antusiasme masyarakat dalam berkurban secara online. Tokopedia mencatat transaksi sapi kurban melalui fitur Qurban di Tokopedia mengalami peningkatan hampir 30%, sedangkan transaksi pembelian kambing kurban meningkat hampir 70%.

Tokopedia mencatat, Aceh, Sumatera Utara dan Bali menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah pembeli qurban, dengan rata-rata peningkatan lebih dari dua kali lipat. Jambi, NTB dan Sulawesi Selatan menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi transaksi pembelian qurban online, dengan rata-rata peningkatan hampir tiga kali lipat. 

“Ini didorong oleh berbagai nilai tambah fitur Qurban di Tokopedia untuk masyarakat, yaitu praktis, ekonomis dan amanah. Tokopedia pun melibatkan berbagai lembaga kemanusiaan tepercaya untuk mengelola kurban, mulai dari BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Eco Qurban, PKPU Human Initiative, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Palmyra Internasional,” ujar Bayu, dalam keterangan resminya, Rabu (28/6).