Toxic relationship: Tanda-tanda pasangan kamu psikopat?

Riset menunjukkan, individu psikopat diduga menyumbang hampir seperempat dari pelaku tindak kekerasan yang terjadi dalam hubungan asmara.

Ilustrasi korban kekerasan dalam hubungan asmara./Foto RDNE Stock project/Pexels.com

Baru-baru ini, nama aktor Leon Dozan menjadi sorotan, usai videonya—tampak tangannya melingkar ke leher kekasihnya aktris Rinoa Aurora—viral di media sosial. Leon tampak marah dan sempat menghina instutusi polisi.

Selain itu, beredar foto-foto lebam di tubuh Rinoa. Anak aktor laga senior Willy Dozan itu pun akhirnya ditangkap polisi pada Kamis (16/11). Leon diduga melakukan penganiayaan terhadap Rinoa.

Nasib Rinoa bisa dibilang sedikit beruntung dibanding Dini Sera Afrianti. Pada Rabu (4/10), Dini tewas akibat penganiayaan yang dilakukan pacarnya, Gregorius Ronald Tanur di Surabaya, Jawa Timur.

Dini sempat terlibat cekcok dengan anak anggota DPR dari fraksi PKB itu, yang berujung penganiayaan di area Blachole KTV, Lenmarc Mall, Surabaya. Video pasca-kejadian dan detik-detik sebelum korban meninggal ketika berada di rumah sakit sempat viral di media sosial.

Dini dan Rinoa adalah contoh mereka yang terlibat dalam toxic relationship atau hubungan beracun dalam asmara. Menurut terapis dan penulis yang mengkhususkan diri dalam masalah kecanduan, kodependensi, dan isu-isu depresi, trauma, serta kecemasan, Sherry Gaba dalam Psychology Today, istilah toxic relationship pertama kali digunakan Lilian Glass dalam bukunya Toxic People (1995).