Yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi asam mefenamat

Jangan gunakan asam mefenamat sebelum atau setelah operasi bypass jantung (cangkok bypass arteri koroner, atau CABG).

Ilustasi obat. foto Pixabay

Apa itu asam mefenamat? Asam mefenamat adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan jangka pendek (7 hari atau kurang) untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia minimal 14 tahun. Asam mefenamat juga digunakan untuk mengobati nyeri haid.

Peringatan
Asam mefenamat dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke yang fatal. Jangan gunakan asam mefenamat sebelum atau setelah operasi bypass jantung (cangkok bypass arteri koroner, atau CABG). Asam mefenamat juga dapat menyebabkan pendarahan lambung atau usus, yang bisa berakibat fatal.

Sebelum minum obat ini
Asam mefenamat dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke yang fatal, bahkan jika Anda tidak memiliki faktor risiko apa pun. Jangan gunakan obat ini sebelum atau sesudah operasi bypass jantung (cangkok bypass arteri koroner, atau CABG).

Asam mefenamat juga dapat menyebabkan pendarahan lambung atau usus, yang bisa berakibat fatal. Kondisi ini dapat terjadi tanpa peringatan saat Anda menggunakan asam mefenamat, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Anda tidak boleh menggunakan asam mefenamat jika Anda alergi terhadapnya, atau jika Anda memiliki: