Deretan artis-artis pengumbar sensasi lebai demi uang

Artis Lucinta Luna, Syahrini, Vicky Prasetyo, Nikita Mirzani, Salmafina Sunan, hingga Rosa Meldiani, kerap mengumbar sensasi lebai di medsos

Infografik selebritas pengumbar sensasi lebai di media sosial. Alinea.id/Hadi Tama

Para selebritas di Indonesia kerap mengumbar sensasi lebai, baik di media sosial maupun di televisi. Namun, saat pesohor itu bersikap semakin berlebihan, pundi-pundi uang pun mengalir kian deras.

Guru Besar Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Koentjoro menilai, sensasi bisa mengatrol popularitas dan ampuh menaikkan rating acara televisi. Sensasi pun dapat menaikkan nilai jual sang bintang agar bisa laku kembali.

Bagi selebritas yang dianggap nirbakat dan nirkarya, penonton bisa tertarik dengan sensasi, bisa berupa berbagai hal yang dipamerkan di media sosial. Sebab, kata dia, pesohor akan dikagumi bila memiliki sesuatu yang tidak dimiliki penggemarnya.

Penulis buku Jurnalisme Musik dan Selingkar Wilayah (2018) Idhar Resmadi mengungkapkan, sensasi telah menonjol dalam geliat industri hiburan Tanah Air sejak 1970-an. 

Penggemar pastinya penasaran dan menyukai sajian informasi terkait idolanya, sehingga wajar sensasi dan gosip direproduksi untuk konsumsi publik. Meski di era 1970-an, gosip dan sensasi telah melekat, tetapi kualitas karya terjaga karena kritik musik masih cukup kuat.