Produk skincare lokal tak kalah saing

Produk kosmetik dan kecantikan produksi dalam negeri mulai dikenal di Tanah Air.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Data Kementerian Perindustrian menunjukkan adanya pertumbuhan signifikan di sektor kosmetik pada tahun 2020 sebanyak 9,39%. 

Menurut Compas, sebuah lembaga riset pasar e-Marketer, potensi pasar untuk kategori kecantikan di e-commerce, selama periode awal Februari 2021 telah mencapai total penjualan sebesar Rp963,5 miliar.

Kategori terlarisnya yaitu perawatan wajah. Kategori ini mendominasi 39,3% dari total penjualan untuk kategori kecantikan atau senilai Rp376,8 miliar. 

Di Tanah Air sendiri, mulai banyak bermunculan produsen kosmetik dan perawatan wajah asli dalam negeri. Alinea.id mengulas jenama produk kecantikan lokal yang mulai dikenal masyarakat disini.