Keberlangsungan pasokan energi listrik di Indonesia

Padamnya listrik di sebagian Pulau Jawa dan Bali telah melumpuhkan perekonomian.

Listrik merupakan salah satu sumber energi pokok yang memengaruhi aktivitas masyarakat di antaranya aktivitas rumah tangga, industri, perdagangan, transportasi, dan telekomunikasi.

Padamnya listrik di sebagian Pulau Jawa dan Bali telah melumpuhkan perekonomian karena aktivitas ekonomi banyak terkonsentrasi di Pulau Jawa, ditambah penduduknya lebih banyak dan lebih metropolis yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap akses listrik. 

Padamnya listrik langsung menuai kritik dari masyarakat. Pemerintah pun langsung mengambil tindakan. Upaya perbaikan memang langsung dilakukan, namun kerugian secara ekonomi tak bisa dihindarkan. Selain melakukan perbaikan pada jaringan sutet yang terputus, Pemerintah (dalam hal ini PLN) juga melakukan upaya ganti rugi dengan memberikan kompensasi berupa pemotongan tagihan listrik untuk konsumen rumah tangga, industri, dan usaha. 

Tetapi tentunya perkara padamnya listrik ini bukan permasalahan temporer yang hanya cukup diatasi dengan perbaikan jaringan yang rusak dan kompensasi materi pada pelanggan. Lebih jauh dari itu, perlu ada perbaikan sistem dan manajemen dalam upaya penyediaan listrik.

Dari investigasi awal yang dipaparkan PLN pada publik, salah satu penyebab padamnya listrik adalah karena pohon, yang seharusnya itu masuk dalam manajemen perawatan jaringan listrik. Seharusya pohon itu secara otomatis sudah ditebang sebagian agar tidak mengganggu jaringan listrik sebelum hal ini terjadi.