Paket hadapi krisis untuk desa

Krisis ekonomi terberat akan menyasar kelompok rentan yakni petani, buruh tani, nelayan tradisional, pekerja informal dan pelaku UKM.

Iwan Nurdin

Krisis coronavirus secara singkat telah menghasilkan krisis ekonomi. Apalagi krisis virus ini menyerang pusat-pusat ekonomi dunia, yakni Amerika Serikat, China, Uni Eropa, Jepang dan Korea Selatan. Dunia tengah dipayungi krisis akibat serbuan makhluk nan maha kecil ini. 

Mencegah penyebaran virus banyak negara melakukan kebijakan untuk menyelamatkan warga dari krisis yang berlapis yakni krisis virus dan krisis ekonomi sekaligus. 

Kebijakan ekonomi Indonesia juga telah masuk kepada usaha mencegah krisis ekonomi semakin dalam akibat belum tertanggulanginya bencana virus Covid 19. ekonomi. Presiden menyatakan telah menyiapkan paket stimulus Rp405,7 triliun dan di dalamnya terdapat Rp110 triliun untuk Jaring Pengaman Sosial.

Jika korban virus terbesar adalah orang-orang yang rentan seperti manula dan individu yang memiliki riwayat sakit. Krisis ekonomi terberat akan menyasar kelompok rentan yakni petani, buruh tani, nelayan tradisional, pekerja informal dan pelaku UKM dan warga miskin baik di kota dan di desa.

Tulisan pendek ini hendak mengusulkan agar paket kebijakan pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial difokuskan untuk memperkuat ketahanan desa menghadapi krisis.