Adinegoro hendak diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Adinegoro merupakan adik seayah dari pahlawan nasional Mr. Muhammad Yamin asal Nagari Talawi, Sawahlunto.

Adinegoro hendak diusulkan jadi Pahlawan Nasional. Foto merahputih.com

Tokoh nasional Djamaluddin Adinegoro tak asing lagi di kalangan komunitas wartawan Tanah Air. Tak mengherankan namanya disematkan dalam penghargaan tertinggi jurnalisme Indonesia. Dia adalah seorang dokter yang merangkap sebagai wartawan yang menjadikan jurnalisme sebagai alat perjuangan kemerdekaan di masa penjajahan Hindia Belanda.

Adinegoro merupakan adik seayah dari pahlawan nasional Mr. Muhammad Yamin asal Nagari Talawi, Sawahlunto. Istrinya dari Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

"Kami insan pers Sawahlunto, Sumbar, dan seluruh Tanah Air kini berjuang bersama Pemerintah Kota Sawahlunto dan Sumbar, sejarawan, organisasi masyarakat, dan tokoh-tokoh lainnya. Perjuangan itu terus dilakukan, mohon doakan, semoga dikabulkan Allah Subhanahuwataala Tuhan Yang Maha Esa," kata Youtuber Indra YD.

Melalui kanal Indra YD. Channel, dia banyak menyajikan informasi tentang aktivitas sosial dan kemanusiaan. Indra juga seorang jurnalis penyiaran yang berpegang pada motto "katakan yang sebenarnya jangan bohong".

Selayang pandangan atas aspirasi heroisme tersebut dikemukakan Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, yang menerangkan bahwa sebenarnya di PWI Pusat sejak dua-tiga bulan terakhir sudah dibicarakan bagaimana untuk mengajukan gelar pahlawan nasional kepada Adinegoro.