'Bangkit Wisata Jakarta': Lomba video kreatif dan anugerah jurnalistik 2022 se-Jabodetabek

Video kreatif boleh pula menyoroti UMKM, yang amat penting, karena UMKM menjadi bidang yang sangat terpuruk dalam pandemi Covid-19.

Jakarta. Foto Pixabay

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jakarta Raya meluncurkan pembukaan pendaftaran Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik 2022 dengan tema 'Bangkit Wisata Jakarta'.

Tema 'Bangkit Wisata Jakarta' itu diambil, karena panitia lomba merasa bahwa selama tiga tahun terakhir, ibu kota Jakarta dan sekitarnya mengalami dampak terparah pandemi Covid-19. Yang paling terdampak ialah pelaku ekonomi di bidang wisata.

"Kami bersama Disparekraf (Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta) dan Pemprov DKI Jakarta serta IJTI meluncurkan lomba video kreatif dan anugerah jurnalistik tahun 2022 dengan tema 'Bangkit Wisata Jakarta' dan subtema 'berwisata yang aman dan nyaman di masa pandemi'," kata Ketua Panitia, Ferdi Setiawan, Kepala Bidang Konvergensi Media IJTI Jakarta Raya.

Menurut Ferdi, di masa Jakarta menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level tiga, lomba ini sengaja melibatkan jurnalis televisi di Jakarta dan sekitarnya. Juga melibatkan peran serta dari mahasiswa dan siswa-siswa SMA yang memiliki hobi menciptakan video kreatif atau konten kreator.

"Membuat video dokumentasi untuk memberi gambaran buat masyarakat bahwa para remaja di Jakarta sangat kreatif dengan kegiatan-kegiatan positif," ujarnya seraya menambahkan bahwa lomba ini memperebutkan hadiah total spektakuler sebesar puluhan juta rupiah.