'Inovasi Desa Internet' juarai video AJW 2022

AJW ketujuh kali ini, dimulai sejak 2016, dari cerita-cerita kontributor lokal di daerahnya masing-masing yang dipublikasikan di BaleBengong

ilustrasi. Istimewa

Anugerah Jurnalisme Warga (AJW) 2022 bertema Tri Hita Digital (Tiga Hak Digital untuk Mewujudkan Kesejahteraan) dibagikan kepada para pemenang, Minggu (26/6).

AJW 2022 telah disiarkan langsung dari Taman Baca Kesiman, Denpasar, Bali. Kegiatan ini mengampanyekan hak-hak digital dengan tema Tri Hita Digital atau tiga hak digital menuju kesejahteraan.

Puncak acara bertajuk 'Merebut Ruang Digital untuk Merayakan Kebebasan Berekspresi Warga' merupakan kerja sama BaleBengong dengan SAFEnet dan KontraS.

BaleBengong, media jurnalisme warga yang berbasis di Bali, kini tepat berusia 15 tahun. AJW ketujuh kali ini, dimulai sejak 2016, dari cerita-cerita kontributor lokal di daerahnya masing-masing yang dipublikasikan di BaleBengong.

"Dunia digital sudah akrab di kehidupan kita. Masih banyak yang belum menyadari bahwa ada potensi-potensi yang mengancam di balik kemudahan yang ditawarkan dunia digital. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa dunia digital sangat mempermudah kehidupan kita, terutama dua tahun terakhir, kita menghadapi pandemi Covid-19. Semua harus bermigrasi ke online, belajar dan bekerja secara daring," kata ketua panitia AJW 2022 Iin Valentine.