Isu Keisuke Honda ke Jakarta, YouTube langsung banjir hoaks

Isu sumir yang ditiupkan kanal ini ke benak pemirsa, ialah: Ke mana Honda merambah?

Channel Youtube hoax Keisuke Honda. Foto Collage

Sepekan terakhir sejumlah kanal di media sosial YouTube ramai memberikan informasi bahwa Keisuke Honda akan menjajal sebuah proyek di Indonesia.

Ihwal tersebut berawal postingan medsos Keisuke Honda pada Sabtu 14 Januari. Ia menulis Tweet mengatakan berada di Jakarta. Ia juga mengungkapkan akan mengerjakan proyek di Indonesia.

"Indonesia memiliki Populasi 270 juta jiwa. Usia rata-rata adalah 29 (46 di Jepang). PDB per kapita adalah USD4.300 USD (Di Jepang USD39.000) Saya di Jakarta sekarang. Saya benar-benar merasakan energi dari seluruh kota. Tahun ini, saya akan mulai mengerjakan proyek di sini,” tulis Keisuke Honda di akun Twitter-nya @kskgroup2017.

Kemudian di akun Instagram pribadinya, Minggu (15/1), Honda menyebarkan sebuah foto dengan keterangan: "Saya sudah bertemu banyak orang hebat di Jakarta." Tidak dijelaskannya siapa saja yang hebat ditemuinya di Jakarta. Di foto itu, Honda hanya duduk seperti sedang nongkrong di kafe.

Sebuah media mainstream memperbesar volume berita itu dengan rencana PSIS Semarang yang ingin menggaet Keisuke sebagai pelatih mereka. Bantahan kemudian datang dari CEO PSIS, Yoyok Sukawi, bahwa belum ada kesepakatan dengan Honda.