Kabur dari Nikaragua, jurnalis dan putrinya cari suaka di Amerika Serikat

Dia tidak memiliki pilihan lain selain melarikan diri dari negaranya untuk mengejar kebebasan dan keamanan.

Jurnalis Marisol Balladares Blanco dan putrinya Gloria Elena Escorcia Balladares mencari suaka ke AS. foto Havana Times

Jurnalis Marisol Balladares Blanco dan putrinya Gloria Elena Escorcia Balladares menjadi target penganiayaan terbaru, dan contoh nyata dari kerusakan kolateral dari dorongan terhadap kebebasan berekspresi dan kebebasan pers yang menimpa para jurnalis di Nikaragua.

Balladares dan putrinya meninggalkan segalanya di negara asal mereka, karena penganiayaan yang mereka alami dari Pemerintah Ortega-Murillo. Marisol bersikeras bahwa dia terpaksa melarikan diri karena nomor satu baginya adalah "untuk melindungi dia dan nyawa putrinya." Putrinya menjadi pendampingnya dalam pencarian kebebasan ini.

Marisol, penduduk asli Bluefields, sebuah kota di Pantai Karibia, bekerja untuk Radio Corporación selama 15 tahun, dan merupakan jurnalis untuk majalah Conexión Caribe, sebuah publikasi yang berfokus pada pelaporan dan investigasi lokal. Media ini diterbitkan dalam dua bahasa: Miskito, bahasa ibunya, dan Spanyol.

Satu cerita, awal penganiayaan

Salah satu investigasi yang dilakukan oleh Conexión Caribe adalah tentang perampasan tanah yang diderita oleh orang-orang di wilayah Karibia setelah kedatangan yang disebut "penjajah," pada dasarnya, mantan kelompok militer dan paramiliter yang dikirim oleh Daniel Ortega untuk mengeksploitasi kekayaan sumber daya alam.