Mengenal 'Toxic Ten': Media pinggiran di balik sebagian besar penyangkalan krisis iklim

Breitbart, Newsmax, dan delapan "pencemar super" lainnya memiliki 186 juta pelanggan di Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram.

Mengenal 'Toxic Ten': Media pinggiran di balik sebagian besar penyangkalan krisis iklim . Foto Mashable

Perubahan iklim semakin intensif. Suhu global meningkat dan cuaca menjadi lebih ekstrim. Semakin jelas bahwa para pemimpin dunia perlu bertindak sekarang.

Kontrasnya: Seorang teman Facebook membagikan tautan yang mengatakan "nuh-uh."

Di mana teman Anda di Facebook menemukan konten pennyangkalan iklim ini? Kemungkinan besar itu berasal dari salah satu dari 10 penerbit media online.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Center for Countering Digital Hate (CCDH), sebuah organisasi nirlaba yang melacak dan menganalisis ujaran kebencian dan kesalahan informasi online, hanya 10 penerbit yang bertanggung jawab atas sebagian besar konten penyangkalan iklim di platform media sosial paling populer. 

Para penerbit ini termasuk media sayap kanan Breitbart, saluran berita kabel Newsmax, dan The Daily Wire buatan Ben Shapiro. (Benjamin Aaron Shapiro adalah seorang komentator politik konservatif Amerika, pembawa acara media, pengacara, dan kolumnis. Pada usia 17, ia menjadi kolumnis sindikasi nasional termuda di AS.)