Program kreator dari Youtube untuk menyemangati jurnalis independen

Marchel belum memiliki akun Youtube saat mengikuti Creator Program for Independent Journalist.

ilustrasi. Istimewa

Banyak orang beralih ke Youtube untuk mendapatkan berita yang kredibel dan dari sumber yang terpercaya. Karena itu, Youtube menggelarkan visualisasi acara yang mengupas cara efektif bercerita di Youtube bersama para kreator dan jurnalis independen.

Bertajuk 'Cara Efektif Bercerita di YouTube' dan dipandu oleh Jason Tedjasukmana, Head of B2B and Corporate Communications Google Indonesia, tayangan itu telah disaksikan Alinea, Kamis (24/3).

"Menurut kami, mendukung pertumbuhan ekosistem berita yang sehat adalah sesuatu yang super penting. Demikian juga berita yang berkualitas. Di Youtube, sudah banyak media besar memiliki kanal dengan jutaan subscriber," kata Jason.

Menurut Jason, saat ini para pembuat berita tidak harus memiliki ruang redaksi. Dengan smartphone atau kamera sederhana, mereka tetap dapat merekam gambar atau audio berkualitas tinggi. Tapi satu hal yang sama untuk semua jurnalisme berkualitas tinggi adalah kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah yang bisa menarik perhatian orang lain.

Itulah mengapa pada tahun 2021, Google mengumumkan dua program baru di Youtube untuk mendanai dan mendukung jurnalis independen dan ruang redaksi berbasis digital.