Ujaran kebencian: Negara melawan balik

Menanggapi tren yang mengkhawatirkan ini, tim PBB di Kosta Rika mulai meluncurkan Rencana Aksi Ujaran Kebencian dan, pada tahun 2021.

Anak-anak pada pertemuan lintas agama di Park East Synagogue, New York. Foto PBB

Ujaran kebencian online menjadi fenomena yang berkembang dan mengkhawatirkan yang membahayakan nyawa. Dalam cerita fitur kedua dari tiga seri Podcast PBB yang baru, UNiting Against Hate, admin PBB fokus pada strategi nasional yang telah dilakukan Kosta Rika dan Republik Ceko untuk mengatasi masalah ini.

Kosta Rika dikenal dengan demokrasinya yang kuat, sikap pro-hak asasi manusia, dan penghormatan yang mendalam terhadap supremasi hukum, jadi sangat mengejutkan ketika pemilihan umum 2018 membelah masyarakat Kosta Rika yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Allegra Baiocchi, koordinator residen PBB di Kosta Rika, menyaksikan polarisasi masyarakat yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan kemajuan kuat agenda populis dan konservatif, yang disertai dengan peningkatan tajam ujaran kebencian, dan ekspresi diskriminasi dan xenofobia.

Sebuah studi tentang kebencian

Menanggapi tren yang mengkhawatirkan ini, tim PBB di Kosta Rika mulai meluncurkan Rencana Aksi Ujaran Kebencian dan, pada tahun 2021, mempresentasikan studi penting tentang ujaran kebencian di Kosta Rika.