4 pesan Jokowi pada para menteri: Jangan sampai tidak mengerti!

Presiden Jokowi mengingatkan para menteri ihwal kerja besar yang akan mereka lakukan dalam lima tahun ke depan.

Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo menyampaikan empat pesan pada para pembantunya dalam sidang paripurna kabinet perdana. Jokowi mengingatkan pada jajaran Kabinet Indonesia Maju ihwal kerja besar yang akan mereka lakukan dalam lima tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dalam pesan pertamanya, Jokowi meminta para menteri untuk tidak meributkan hal-hal yang telah dibahas dalam rapat, baik itu rapat paripurna, rapat terbatas, maupun rapat internal. Menurutnya, perdebatan hanya diizinkan terjadi dalam rapat. 

Segala keputusan yang telah diambil dalam rapat, kata Jokowi, harus dilaksanakan apapun risikonya. Karena itu, jika ada perubahan atau kondisi tertentu yang menuntut hasil rapat tak dapat dilaksanakan, harus kembali dibahas dalam rapat.

Jokowi menegaskan, dirinya tak mau ada lagi perdebatan antara menteri atau pejabat setingkat menteri, yang menjadi konsumsi publik.

"Tolong dicatat! Karena dalam lima tahun lalu ada satu, dua, tiga menteri yang masih belum paham. Jadi setiap rapat, baik paripurna, ratas, rapat internal, itu ada sebuah payung hukum. Kalau sudah diputuskan dalam rapat, jangan sampai di luar masih diributkan lagi," katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).