4 tahun berkuasa, inilah kekurangan dan kelebihan Jokowi

Tidak terasa. Sudah empat tahun Jokowi berkuasa. Berikut kelebihan dan kekurangan Jokowi selama berkuasa.

Diskusi empat tahun perjalanan pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla./Robi Ardianto

Selama empat tahun perjalanan Jokowi, Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan masih ada beberapa pekerjaan rumah yang belum diselesaikan pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla. 

Pekerjaan rumah pemerintahan yang harus diselesaikan yaitu berkenaan dengan penanganan kasus korupsi . Hal itu pun, mendapatkan tingkat kepuasan paling rendah di masyarakat untuk pemerintah Jokowi-JK. 

"Penilaian paling rendah yaitu dalam bidang penegakan kasus korupsi dan penegakan hukum kepala daerah yang tersangkut korupsi," sebutnya di Tjikini Lima, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (18/10). 

Kasus Novel Baswedan juga masih minim tindakan. Hanya saja, kemudian Jokowi berhasil mengurangi sentimen negatif tersebut dengan membuat aturan baru. Pada aturan itu, pemerintah menjanjikan akan memberikan maksimal Rp200 juta bagi pelapor. 

Pekerjaan rumah lainnya Jokowi yaitu, dalam bidang kemandirian ekonomi. Proporsi ekspor dan impor di Indonesia yang tidak berbanding lurus. Misalnya, hingga kini Cina merupakan negara pengekspor paling besar ke Indonesia.