60 calon kepala daerah terkonfirmasi positif Covid-19

Temuan kasus konfirmasi calon kepala daerah itu tersebar di 21 provinsi.

Ketua KPU, Arief Budiman. Dokumentasi KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat penambahan kembali calon kepala daerah yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hasil itu diketahui dari pemeriksaan swab test sebagai syarat pencalonan.

"Data calon yang dinyatakan positif saat pemeriksaan swab test, laporan sampai dengan hari ini jumlahnya mencapai 60 calon dinyatakan positif Covid-19," kata Ketua KPU Arief Budiman, saat rapat koordinasi bersama Komisi II DPR RI, yang disiarkan secara virtual, Kamis (10/9).

Arief menerangkan, temuan kasus konfirmasi calon kepala daerah itu tersebar di 21 provinsi. "(Kasus konfirmasi calon kepala daerah ditemukan) di 21 provinsi dari laporan yang kami terima dari 32 provinsi," papar Arief.

Dengan demikian, total kasus konfirmasi Covid-19, calon kepala daerah bertambah satu orang yang sebelumnya dilaporkan Menko Polhukam Mahmud MD sebanyak 59 orang.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan, pihaknya telah menerima 735 berkas pencalonan. Dari jumlah itu, 25 berkas merupakan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, 610 merupakan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, serta 100 berkas merupakan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.