AHY: Selamat jalan, Memo...

Menurut AHY, sang ibunda tak hanya setia kepada suami, tapi juga tak pelit mengobral kasih sayang kepada anak dan cucunya.

Presiden Joko Widodo berjalan menuju Prajurit TNI yang membawa peti jenazah Ibu Negara periode 2004-2014 Ani Yudhoyono saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6). /Antara Foto

Putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didapuk memberikan sambutan khusus dalam acara pemakaman jenazah Herrawati Kristiani atau Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6). 

Dalam sambutannya, AHY mengulas berbagai karya sang ibunda semasa hidup. Salah satunya ialah Lima Pilar Indonesia yang terdiri dari program Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Hijau, Indonesia Kreatif, dan Indonesia Peduli. 

"Ini adalah sebagai sebagian saja dari implementasi gagasan dan hasil kerja keras bagi bangsa dan negara," kata Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat itu. 

Tak hanya itu, AHY juga mengungkapkan sosok Ani di mata keluarga. Menurut dia, sang ibunda tak hanya setia kepada suami, tapi juga tak pelit mengobral kasih sayang kepada anak dan cucunya. 

"Beliau juga ibu dan eyang yang penuh cinta yang selalu peduli dan memberikan sayangnya kepada anak dan cucu. Tak lupa sebagai mantan ibu negara, beliau juga sosok hangat dan sangat mencintai rakyat tanpa batas tanpa sekat perbedaan identitas," tuturnya.