Akibat peleburan ke BRIN, AIPI: Riset dan iptek akan mengalami kemunduran

"Dan untuk memulihkan kembali hampir tidak mungkin karena kita dengan cara seperti ini, menghilangkan esensi kegiatan riset dan inovasi."

Ilustrasi. Alinea.id/Bagus Priyo

Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Satryo Soemantri Brodjonegoro, menyatakan, riset serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di Tanah Air akan mengalami kemunduran imbas pengintegrasian lembaga penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) ke dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Dan untuk memulihkan kembali hampir tidak mungkin karena kita dengan cara seperti ini, menghilangkan esensi kegiatan riset dan inovasi," ucap Satryo dalam webinar Forum Alinea bertema "Uji Materi Regulasi BRIN" pada Selasa (31/8).

Dirinya berpendapat demikian lantaran pengembangan riset dan iptek pada hakikatnya mesti mandiri dan otonomi. Pun dilakukan secara akuntabel sesuai performa dan prestasinya.

"Seyogianya (peleburan lembaga) ini dihindari. Jangan sampai, mohon maaf, BRIN nanti jadi superbody. Masa dia buat perencanaan, berikan anggaran, melaksanakan, memantau, mengevaluasi, dan sebagainya. Di mana peran check and balance?" tuturnya.

"Jadi kalau bisa," harapnya, "jangan sampai terjadilah. Justru memundurkan kondisi riset yang kita harapkan."