Alasan Firli beda tempat diperiksa, Polisi: Tanya KPK

Penyidik yang akan memeriksa Firli adalah gabungan antara Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri.

Twitter/@firlibahuri.

Kepolisian angkat bicara terkait pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri di Bareskrim Polri. Pemeriksaan terkait dugaan pemerasan terhadap Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) itu biasanya dilakukan di Polda Metro Jaya.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya hanya menerima permohonan dari KPK untuk menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. Namun, Ade mengaku tidak tahu persis alasan permohonan tersebut.

“Terkait alasan atau pertimbangan ketua KPK RI untuk dilakukan pemeriksaan di Bareskrim Polri silahkan tanyakan ke KPK RI,” kata Ade di Bareskrim Polri, Selasa (24/10). 

Ade Safri melanjutkan, penyidik yang akan memeriksa Firli adalah gabungan antara Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri. "Hanya tempat pemeriksaannya saja [yang pindah]."

Firli sempat diundang untuk menghadiri pemeriksaan pada Jumat (20/10) lalu. Namun, berhalangan hadir dengan dalih ada agenda terjadwal dan mempelajari kasus tersebut terlebih dahulu.