Anggota Komisi IX DPR minta pemerintah lebih serius tangani coronavirus

Pemerintah perlu meningkatkan beberapa hal dalam mengantisipasi meluasnya coronavirus

Petugas medis mengecek ruang isolasi khusus untuk menangani pasien penderita penyakit pneumonia berat akibat terjangkit wabah novel Coronavirus (nCoV) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kraton, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (5/2/2020). Foto Antara/Harviyan Perdana Putra/ama.

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak pemerintah agar lebih serius menangani penyebaran coronavirus jenis baru atau Covid-19 di Tanah Air. Hal ini menyusul kian bertambahnya pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati, mengatakan, pemerintah perlu meningkatkan beberapa hal dalam mengantisipasi meluasnya coronavirus. Misalkan saja menyiapkan mitigasi ataupun merealisasikan protokol yang sudah disepakati bersama.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan lima protokol dalam menangani coronavirus. Protokol tersebut mencakup protokol kesehatan, protokol komunikasi, protokol pengawasan perbatasan, protokol area pendidikan, protokol area publik dan transportasi. Menurut politikus PKS ini, semua protokol tersebut harus dikawal implementasinya.

“Harus dipastikan terealisasi. Jangan sampai tidak ada monitoring. Ini kan pelaksanaannya tidak di pemerintah. Melainkan ada di sekolah, lembaga pendidikan, perkantoran, gedung-gedung, area publik, area transportasi. Itu  semua harus ada yang memantau atau memastikan semua protokol berjalan dengan baik,” urai Kurniasih saat dihubungi Alinea.id, Rabu (11/3).

Selain itu, ia juga mendorong agar pemerintah dapat memastikan kesediaan 122 Rumah Sakit (RS) negeri yang ditunjuk sebagai rujukan guna menangani Covid-19. Kalau memang masih juga tidak memadai, pemerintah perlu membuka kerja sama dengan RS swasta, agar penangannya semakin efektif dan meluas.