Anies Baswedan tak punya strategi hadapi banjir susulan

Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah fokus pada upaya evakuasi penyelamatan warga terdampak banjir.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo (kanan) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat meninjau pintu air Manggarai, Jakarta. Antara Foto

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pemulihan banjir di Provinsi DKI Jakarta tidak bisa dilakukan dengan sesegera mungkin. Pasalnya, pemulihan banjir untuk sebagian wilayah di Ibu Kota harus menunggu permukaan air laut surut.

“Untuk pemulihan tidak bisa segera karena sebagian wilayah tersebut menunggu permukaan air laut surut. Jadi, mudah-mudahan lebih cepat lebih baik,” kata Anies di Masjid Hasyim Asy’ari Jakarta pada Kamis (2/1).

Bekas Menteri Pendidikan tersebut menyampaikan demikian menanggapi pertanyaan wartawan terkait antisipasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta jika terjadi banjir susulan akibat hujan deras atau ada kiriman air dalam jumlah besar.

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta belum melakukan upaya untuk mengantisipasi adanya banjir susulan. Sebab, saat ini pihaknya tengah fokus pada upaya evakuasi penyelamatan warga terdampak banjir.

"Jadi, kami saat ini konsentrasinya pada evakuasi penyelamatan warga. Ini yang kami sedang pastikan berjalan dengan baik," ujar Anies. 

Lebih lanjut, Anies tak lupa mengapresiasi masyarakat yang membantu para korban banjir di Jakarta. Selain itu, pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin membantu agar langsung menghubungi posko-posko banjir dengan memberikan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat terdampak banjir.