Apa alasan sejumlah tokoh silaturahmi ke Gus Mus?

Gus Mus adalah tokoh yang paling terbukti lurus, berpijak kepada moral kemanusiaan yang kuat.

Gus Mus atau Ahmad Mustofa Bisri. Foto: facebook.com/simbah.kakung/photos

Sejumlah tokoh bangsa melakukan silaturahmi ke kediaman Gus Mus atau Ahmad Mustofa Bisri di Kelurahan Leteh, Rembang, Jawa Tengah, pada Minggu (12/11). Di luar itu, ada juga beberapa tokoh yang bergabung dalam silaturahmi lewat saluran zoom.

Seusai silaturahmi, sejumlah tokoh bangsa mengaku, kalau kedatangan mereka ke rumah Gus Mus untuk sowan, berbagi rasa, serta saling menularkan semangat agar kembali ada kepercayaan kepada sesama.

"Kalau di masyarakat kehilangan rasa saling percaya, maka selesai. Kami ingin itu tercegah. Sehingga bangsa ini bisa menempuh perjalanan lebih lama. Terutama, menjelang pemilu dan pilpres yang menurut saya semakin mencemaskan karena aturan bersama mulai dibongkar-bongkar bahkan dirusak," kata budayawan Goenawan Muhammad dalam keterangannya Minggu (12/11) yang dipantau online Selasa (14/11).

Beberapa tokoh yang tercatat hadir dipertemuan tersebut, baik langsung ataupun lewat saluran zoom antara lain, Amin Abdullah, Andreas Anangguru Yewangoe, Antonius Benny Susetyo, Clara Yuwono, Erry Riyana Hardjapamekas, Frans Magnis Suseno, Goenawan Mohamad, Lukman Hakim Saifuddin, dan Omi Komaria Madjid.

Setelah pertemuan tersebut, calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD juga mendatangi kediaman Gus Mus, pada Senin (13/11). Mereka tidak datang bersamaan. Lantas apa yang dibahas Ganjar dan Gus Mus?