Arab Saudi negosiasi dengan pemerintah RI soal Rizieq Shihab

Pemerintah Arab Saudi tengah mengkaji kemungkinan memulangkan bos FPI Rizieq Shihab.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi meladeni pertanyaan wartawan di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (25/11). Alinea.id/Fadli Mubarok

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi berkunjung ke kantor Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (25/11).

Dari pantauan Alinea.id, pertemuan berlangsung secara tertutup sejak pukul 14.50 WIB hingga 15.45 WIB. Usai pertemuan, Esam mengatakan, ia dan Mahfud umumnya membahas mengenai kerja sama bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia.

"Seperti hubungan kerja sama Islam, seperti konferensi tahunan Islam di Jakarta dan Arab Saudi dan juga kita mendiskusikan mengenai membawa ulama Saudi mengunjungi Jakarta dan berkeliling ke berbagai kota di Tanah Air," ujar dia. 

Saat ditanyai terkait polemik pencekalan pemimpin Front Pembela Indonesia (FPI) Rizieq Shihab, Esam mengatakan, ia dan Mahfud tidak membahas hal itu secara spesifik. Namun demikian, ia mengakui, urusan Rizieq tengah dikaji oleh otoritas Arab Saudi. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan proses negosiasi terkait Rizieq tengah berjalan antara pemerintah Arab Saudi dan Indonesia. "Masalah ini sebenarnya sedang dinegosiasikan oleh otoritas atau pejabat tinggi kedua negara dan kami berharap ini segera bisa diselesaikan," terangnya.