Baru dilantik, tiga gubernur datangi KPK

Kedatangan para pemimpin daerah tersebut, guna berkonsultasi terkait pencegahan korupsi di daerah masing-masing.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (ketiga kanan) berjalan memasuki Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/2)./ Antara Foto

Tiga orang gubernur yang baru dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan para kepala daerah, dilakukan dalam rangka upaya pencegahan korupsi.

Mereka adalah Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar dan Edy Natar Nasution, yang baru dilantik Rabu (20/2) pagi tadi. Kemudian Gubernur dan Wagub Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, serta Gubernur Jambi Fachrori Umar, yang dilantik Rabu (13/2) pekan lalu. 

Fachrori yang sebelumnya menjabat sebagai wakil gubernur, dilantik menggantikan Zumi Zola yang menjadi terjerat kasus di KPK, setelah menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jambi sejak 10 April 2018.

Menurut Khofifah, mereka akan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan KPK terkait pencegahan korupsi di daerahnya masing-masing.

"Riau, Jambi, Jawa Timur, hari ini kami bersama-sama berkomunikasi, silaturahim, dan sekaligus konsultasi, dalam hal bagaimana kita bisa mengedepankan tataran preventif dari semua proses perencanaan, pelaksanaan sampai kemudian monitoring," kata Khofifah di gedung KPK, Jakarta, Rabu (20/2).