Bendera tauhid dibakar di perayaan hari santri, 3 orang diperiksa polisi

Pihak kepolisian telah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap tiga orang saksi terkait aksi pembakaran bendera bertuliskan lafaz tauhid.

Sejumlah santri mengenakan atribut dukungan moril kepada Palestina saat mengikuti Kirab Hari Santri Nasional 2018 di Mranggen, Demak, Jawa Tengah, Senin (22/10)/ Antara Foto

Sebanyak tiga orang saksi telah diperiksa pihak kepolisian terkait kasus pembakaran bendera bertuliskan lafz tauhid di Garut, Jawa Barat. Mereka yang diperiksa dimintai keterangan sebagai bekal polisi mendalami kasus pembakaran bendera tauhid tersebut. 

“Saat ini masih tiga orang sebagai saksi statusnya, karena akan didalami lagi oleh penyidik Polri,” kata Kabid Humas Polda Jabar, AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko, melalui pesan singkatnya di Jakarta, Selasa (23/10).

Saat ditanya identitas ketiga saksi yang diperiksa, sayang Trunoyudo tidak menjelaskan secara rinci. Trunoyudho hanya mengatakan pihaknya sedang mendalami kasus tersebut. Serta meminta klarifikasi kepada ketiganya.

Trunoyudo pun mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi oleh kejadian seusai peringatan hari santri itu. Menurutnya, semua harus menunggu hasil penyelidikan mendalam yang sedang dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Masyarakat khususnya umat Islam jangan terprovokasi adu domba pecah belah pada satu sisi yang belum jelas informasinya,” katanya.