Black box pesawat Susi Air berhasil ditemukan

Anggota Lanud Kapiyau menurunkan tim KNKT bersama anggota Polres Mimika untuk mencari keberadaan black box tersebut.

Black box pesawar Susi Air berhasil ditemukan. Dok: Tim Gabungan TNI Polri dan stakeholder terkait di Papua.

Tim gabungan berhasil menemukan black box (kotak hitam) pesawat Susi Air pascajatuh di Kampung Duma Kabupaten Paniai, Minggu (26/6) pukul 11.00 WIT. Keterangan ini telah dikonfirmasi oleh pihak Polda Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, anggota Sat Reskrim Polres Mimika bersama anggota Lanud Kapiyau dan tim Komite Nasioanal Keselamatan Trasnportasi (KNKT) mengambil black box. Pengambilan dilakukan pada pukul 07.15 WIT melalui transportasi udara.

“Sekira pukul 07.15 WIT anggota Sat Reskrim Polres Mimika bersama anggota Lanud Kapiyau dan tim KNKT dengan menggunakan Helly Caracal TNI bergerak menuju ke Kampung Duma Distrik Duma Dama Kabupaten Pania untuk mengambil kotak hitam,” kata Kamal dalam keterangan, Minggu (26/6).

Kamal menyampaikan, anggota Lanud Kapiyau menurunkan tim KNKT bersama anggota Polres Mimika ketika tiba di lokasi. Hal itu dilakukan untuk mencari keberadaan black box tersebut.

Kemudian, anggota TNI kembali ke Bandara Mozez kilangin (LANUD) Timika untuk menunggu informasi lebih lanjut. Pada pukul 11.03 WIT, anggota TNI mendapatkan informasi dari Tim KNKT dan Polres Mimika, terkait keberadaan black box tersebut.