sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Black box pesawat Susi Air berhasil ditemukan

Anggota Lanud Kapiyau menurunkan tim KNKT bersama anggota Polres Mimika untuk mencari keberadaan black box tersebut.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Senin, 27 Jun 2022 08:11 WIB
Black box pesawat Susi Air berhasil ditemukan

Tim gabungan berhasil menemukan black box (kotak hitam) pesawat Susi Air pascajatuh di Kampung Duma Kabupaten Paniai, Minggu (26/6) pukul 11.00 WIT. Keterangan ini telah dikonfirmasi oleh pihak Polda Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, anggota Sat Reskrim Polres Mimika bersama anggota Lanud Kapiyau dan tim Komite Nasioanal Keselamatan Trasnportasi (KNKT) mengambil black box. Pengambilan dilakukan pada pukul 07.15 WIT melalui transportasi udara.

“Sekira pukul 07.15 WIT anggota Sat Reskrim Polres Mimika bersama anggota Lanud Kapiyau dan tim KNKT dengan menggunakan Helly Caracal TNI bergerak menuju ke Kampung Duma Distrik Duma Dama Kabupaten Pania untuk mengambil kotak hitam,” kata Kamal dalam keterangan, Minggu (26/6).

Kamal menyampaikan, anggota Lanud Kapiyau menurunkan tim KNKT bersama anggota Polres Mimika ketika tiba di lokasi. Hal itu dilakukan untuk mencari keberadaan black box tersebut.

Kemudian, anggota TNI kembali ke Bandara Mozez kilangin (LANUD) Timika untuk menunggu informasi lebih lanjut. Pada pukul 11.03 WIT, anggota TNI mendapatkan informasi dari Tim KNKT dan Polres Mimika, terkait keberadaan black box tersebut.

"Bahwa kotak hitam sudah ditemukan, kemudian anggota Lanud Kapiyau langsung menjeput Tim KNKT bersama anggota Polres Mimika dengan menggunakan Helly Caracal milk TNI guna membawa black box ke Timika,” ujar Kamal.

Sebelumnya, tim gabungan telah menerbangkan seorang korban kecelakaan crash landing dari pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation. Penerbangan dilakukan pada pukul 7.31 WIB, Sabtu (25/6).

Kabid humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, korban itu ialah Pilot Capt. Dayne Peter Houzet. Ia diterbangkan ke Surakarta, Solo, Jawa Tengah.

Sponsored

“Keberangkatan korban dengan menggunakan pesawat jet pribadi PK- BVV P.180, milik PT Asi Pudjiastuti Aviation, dengan Pilot Blair Jhon Cliffe dan Co. Pilot Keyle Stemmet pada pukul 07.31 WIT," kata Kamal dalam keterangan, Sabtu (25/6).

Pilot Capt. Dayne Peter Houzet dirujuk ke Solo, Jawa Tengah untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Dayne akan menerima perawatan di RS Ortopedi dr. Soeharso.

Capt. Dayne Peter Houzet telah menjalani operasi pada tulang kaki sebelah kiri di Rumah Sakit Mimika.

“Capt. Dayne Peter Houzet  akan mendapatkan penanganan dokter khusus tulang di Rumah Sakit Ortopedi dr. Soeharso” ujar Kamal.

Keberangkatan korban didampingi oleh dokter dan perawat Rumah Sakit Mimika. 

“Korban didampingi dua tenaga medis dari Rumah Sakit Mimika yang terdiri dari satu dokter dan satu perawat," ucap Kamal.

Rangkaian evakuasi Capt. Dayne Peter Houzet (korban accident crash landing/total lost) Pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation) beserta pendamping berjalan dengan aman dan lancar.

Sebagai informasi, personel gabungan TNI-Polri dan Basarnas berhasil mengevakuasi pesawat Susi Air PK BVM  milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation dengan tujuan penerbangan Timika-Duma. Pesawat ini mengalami crash landing pada posisi Co 04°02’54.00″S/136°43’06.00″E,”pada Kamis (23/6).

Setelah menerima informasi posisi kordinat Pesawat Susi Air PK BVM, tim gabungan TNI-Polri dan Basarnas langsung melaksanakan proses evakuasi. Evakuasi dilakukan dengan Helly TNI AU EC-725/HT-7202 dengan pilot Mayor Pnb Adam Hardiman. A.

“Pada pukul 12.06 Wit, Helly TNI AU EC-725/HT-7202 dengan Pilot Mayor Pnb Adam Hardiman A berhasil melakukan evakuasi dan landing di heliped airfast PT. FI dengan membawa tujuh korban total lost pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation,” kata Kamal dalam keterangan, Kamis (23/6).

Setelah melaksanakan unboarding dari helikopter, para korban langsung diarahkan dengan ambulans. Korban dilarikan menuju RSUD Kabupaten Mimika guna melakukan pengobatan dan pemulihan pascakecelakaan tersebut.

“Dari tujuh korban, tiga penumpang dan pilot mengalami patah kaki sedangkan tiga lainnya mengalami luka-luka dan sekarang telah mendapatkan pengobatan di RSUD Kabupaten Mimika,” ujar Kamal.

Kondisi Pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM milik PT. Asi Pudjiastuti Aviation mengalami rusat berat yang diakibatkan Crash Landing (Total Lost) pada posisi C0 4°02’54.00″S/136°43’06.00″E,” pada saat perjalanan dari Bandara Moses Kilangin Timika ke Duma, Distrik Dumadama Kabupaten Paniai.

Pesawat dilaporkan jatuh pada kordinat 04°02’54.00″S/136°43’06.00″E pukul 05.54 WIT. Pesawat tersebut berjenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet.

“Pesawat tersebut mengangkut tujuh orang," jelas Kamal.

Penumpang yakni Lukas Dimpau, Seru Warkus Diabelu, Leo Pimpiau, Ficken Dimpau, dan Melina Dimpau. Kondisi semua penumpang dalam keadaan selamat.

"Didapatkan informasi tersebut semua orang dalam pesawat selamat,” ujar Kamal.

Penyilidikan dalam kejadian ini masih berangsur dan belum menemukan banyak hal yang menjadi bukti penting. Polisi juga belum mengetahui penyebab kejadian tersebut.

“Untuk sementara penyebab jatuhnya pesawat Susi Air PK BVM dengan rute tujuan Timika-Duma belum diketahui, sekarang fokus personel di lapangan adalah untuk melakukan evakuasi para korban dalam pesawat,” ucap Kamal.

Bos Susi Air Susi Pudjiastuti mengaku bersyukur, atas kondisi penumpangnya yang dipastikan selamat. Ia sempat khawatir saat menerima informasi kejadiaan tersebut.

"Alhamdulilah. Info berita terakhir semua penumpang selamat ... Aamiin YRA," cuit Susi dalam media sosial Twitter.

Berita Lainnya

, : WIB

Cara cek spesifikasi smartphone Android

Minggu, 14 Agst 2022 10:03 WIB

, : WIB

, : WIB
×
tekid