Bupati: Tanjakan Cae Sumedang rawan kecelakaan

Kecelakaan maut yang melibatkan rombongan SMP IT Al Muawanah Cisalak pada Rabu (10/3) malam menewaskan 27 penumpang.

Petugas mengevakuasi bus pengangkut rombongan SMP IT Al Muawanah yang mengalami kecelakaan dan masuk jurang di tanjakan Cae, Kabupaten Sumedang, Jabar, Kamis (11/3/2021). Dokumentasi Korlantas Polri

Danpos Koramil Wado, Pelda Nandang, menyatakan, lokasi kecelakaan maut yang membawa rombongan SMP IT Al Muawanah Cisalak, Kabupaten Subang, di tanjakan Cae, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar), tergolong rawan mengingat medannya tajam.

"Saat itu, bus dari arah Malangbong, Kabupaten Garut, menuju Sumedang mengalami kecelakaan di tanjakan Cae yang berada di Dusun Cilangkap, Desa Sukajadi,” katanya, Kamis (11/3).

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, menyatakan hal serupa. Karenanya, pemerintah kabupaten (pemkab) telah memasang penerangan dan rambu-rambu untuk meminimalisasi kecelakaan.

"Iya, memang di sana sering terjadi kecelakaan. Di sana memang harus hati-hati. Jalan ini jalan provinsi, tapi kami tetap sediakan lampu PJU-nya, marka jalan, dan sebagainya," paparnya. "Ini jadi perhatian kami secepatnya."

Sebelum kecelakaan tersebut, ungkapnya, TNI-Polri bersama pihak kecamatan telah membersihkan longsoran di lokasi kejadian. "Tapi terjadi lagi (kecelakaan) di tempat itu lagi. Memang harus ada penanganan dan tindakan di tanjakan Cae ini," jelasnya.