Buruh kembali unjuk rasa ke Kemenaker minta revisi PP Nomor 78

Buruh meminta kenaikan upah minimum provinsi sebesar 10% sampai 15%.

Sejumlah buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berunjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta./ Antara Foto

Sekitar 1.900 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demonstrasi buruh di kantor Kementerian Ketenagakerjaan pada hari ini, Kamis (31/10). Para personel tersebut terdiri atas petugas kepolisian, pasukan TNI, petugas Pemprov DKI Jakarta, serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Sekitar 1.900 personel gabungan akan mengamankan jalannya aksi tersebut,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, saat dikonfirmasi di Jakarta pada Kamis (31/10).

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, mengatakan sejauh ini pihaknya tidak menyiapkan pengalihan arus lalu lintas terkait aksi unjuk rasa yang akan dilakukan buruh. Ia mengatakan, pengalihan arus lalu lintas diberlakukan sesuai situasi di lapangan.

“Masih situasional saja sifatnya,” tutur Fahri saat dikonfirmasi.

Berdasarkan keterangan resmi dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), pihaknya akan menggelar aksi unjuk rasa sejak pukul 10.00 WIB. Rencananya, aksi tersebut akan dihadiri sampai 5.000 buruh.