Daftar 34 institusi paling berintegritas versi KPK

KPK mengeluarkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2017 untuk sejumlah institusi atau lembaga di Indonesia. Kota Banda Aceh jawara.

Pekerja membersihkan gedung KPK di Jakarta, Rabu (21/11/2018). Direktur Penelitian dan Pengembangan KPK Wawan Wardiana mengungkapkan, rata-rata skor Indeks Penilaian Integritas Tahun 2017 di 36 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah berada di angka 66, dimana Pemerintah Kota Banda Aceh merupakan daerah yang memiliki resiko korupsi rendah dengan skor tertinggi, yakni 77,39 sementara Pemerintahan Provinsi Papua sekitar 52,91 berada dipaling bawah. / Antara Foto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeluarkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2017 untuk sejumlah institusi atau lembaga di Indonesia.

Kedeputian Pencegahan KPK Wawan Wardiana mengatakan, survei ini dilakukan agar nantinya masalah korupsi bisa dipetakan dan dicegah.

“Survei yang dilakukan terhadap institusi untuk memetakan dan mencegah korupsi,” ujarnya, Rabu (21/11).

Survei ini, lanjut Wawan, dilakukan dengan cara memetakan risiko korupsi seperti suap atau gratifikasi dalam layanan, pengelembungan anggaran, nepotisme dalam perekrutan pegawai hingga rekayasa dalam pengadaan barang dan jasa. 

Penilaian ini juga dimaksudkan untuk melihat efektivitas sosialisasi korupsi, whistleblower system dan upaya anti korupsi lainnya. Dalam hal ini, KPK juga dibantu oleh Badan Pusat Statistik (BPS).