Dasco harap kasus hepatitis misterius tidak menjadi pandemi

Dasco menekankan perlunya belajar dari pengalaman Covid-19 yang kemudian menyebar di Tanah Air. 

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Foto: dpr.go.id

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad berharap penyakit hepatitis akut tidak menjadi pandemi seperti Covid-19. Dasco meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serius mencari solusi untuk menangani penyakit tersebut, sehingga tidak menular, apalagi menjadi pandemi baru di Tanah Air.

"Mudah-mudahan soal hepatitis ini tidak seperti Covid yang kemudian menjalar menjadi pandemi, dan kita minta kepada kemenkes dalam hal ini untuk lebih serius menangani masalah ini," ujar Dasco dalam keterangannya, Rabu (11/5).

Dasco menekankan perlunya belajar dari pengalaman Covid-19 yang kemudian menyebar di Tanah Air.  Menurutnya, jika tidak dideteksi dan diantisipasi akan terjadi hal yang tak diinginkan. 

"Pengalaman hal seperti ini yang tidak dideteksi dini dan diantisipasi bisa membuat hal-hal yang tidak diinginkan," ujar politikus Partai Gerindra ini. 

Dasco pun meminta Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan segera berkoordinasi dengan Kemenkes dalam penanganan kasus hepatitis misterius tersebut. Langkah itu bakal dilakukan setelah masa reses anggota dewan yang akan berakhir pekan depan.