DKI Jakarta zero PMK, Dinas KPKP: Kami libatkan seluruh stakeholder

KPKP berkolaborasi dengan unsur TNI dan Polri dalam menghadapi PMK.

Diskusi bertajuk Menggenjot Vaksinasi PMK yang digelar secara daring, Jumat (26/8). Youtube/Alinea.id.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mengendalikan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satu strategi, yakni melalui vaksinasi hewan yang sehat.

Berdasarkan data Siaga PMK per 26 Agustus 2022 pukul 06.05 WIB, vaksinasi sudah mencapai 1,791 juta hewan ternak di berbagai daerah. Hingga kini, ada delapan dari 24 provinsi di Indonesia yang tak lagi ditemukan kasus baru PMK.

Salah satu provinsi yang berhasil mempertahankan zero case PMK yakni DKI Jakarta. Per 10 Juli 2022, tercatat tidak ditemukan kasus baru PMK di ibu kota.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, peningkatan cakupan vaksinasi menjadi salah satu poin kebijakan dan strategi Pemprov DKI Jakarta menuju zero case PMK.

Disampaikan Eli, kebijakan dan strategi pengendalian PMK yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta merupakan tindak lanjut dari panduan serta ketentuan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementan terkait wabah tersebut.