Disbud Jakarta evakuasi batu penggilingan abad ke-18

Batu penggilingan merupakan alat pengolah tebu untuk menghasilkan gula yang diperkirakan digunakan pada abad ke-17 dan ke-18 M.

Personel Gulkarmat mengevakuasi ODCB batu penggilingan dari trotoar Jalan TB Simatupang, Gedong, Pasar Rebo, Jaktim, pada Kamis (28/10/2021). Dokumentasi Sudin Gulkarmat Jaktim

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta bersama Pusat Konservasi Cagar Budaya dan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur (Sudinbud Jaktim) mengevakuasi penyelamatan objek diduga cagar budaya (ODCB) batu penggilingan abad ke-18.

Kepala Disbud Jakarta, Iwan Henry Wardhana, mengatakan, ODCB batu penggilingan yang diklaim berusia ratusan tahun tersebut ditemukan di trotoar Jalan TB Simatupang, Gedong, Pasar Rebo, Jaktim. Benda itu dievakuasi ke Balai Budaya Condet. 

"Ini merupakan upaya perlindungan dan penyelamatan agar objek lebih terlindungi karena selama ini berada di trotoar jalan yang rentan rusak baik karena cuaca atau tindakan vandalisme," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/10) malam.

ODCB batu penggilingan ternyata juga ditemukan di Penggilingan, Cakung, Jaktim. Di sana, Iwan menyebut, terdapat lima batu penggilingan ditemukan.

Benda itu selanjutnya akan dikonservasi melalui pembersihan dan dilakukan beberapa perbaikan bagian objek yang mengalami kerusakan.