DPR minta BSSN benar-benar jaga data penanganan Covid-19

DPR minta BSSN dilibatkan bantu keamanan data Covid-19.

RUU Kamtansiber akan dibahas Komisi I DPR sebelum diundangkan. Alinea.id/Oky Diaz.

Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto meminta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membantu pemerintah dalam pengamanan sistem siber penanganan pandemi Covid-19. Dia berharap, pelibatan BSSN dapat mengatasi persoalan data Covid-19.

"Kami meminta BSSN membantu dari sisi (pengamanan) sistem siber yang berjalan," kata Utut kepada wartawan, Jumat (21/1).

Menurut Utut, Komisi I DPR telah meminta kepada BSSN agar kasus peretasan dan kebocoran data pasien Covid-19 tidak terulang lagi. Politikus PDI Perjuangan itu menyebut, penguatan sistem siber perlu dilakukan, sehingga keamanan siber masyarakat dapat menjadi poin utama.

"Lembaga seperti BSSN bisa diretas kan bahaya banget, nanti Istana Negara bisa diretas, kamu sebagai individu yang punya hak yang sama juga diretas kan bahaya," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong agar berbagai kejadian kebocoran data dan peretasan tidak terulang kembali. Namun, Utut menilai, hal tersebut memerlukan dukungan anggaran dan sumber daya manusia (SDM) yang memadai serta peralatan siber yang mendukung.