DPR usulkan sekolah sering kena banjir dipindah ke tempat aman

DPR meminta pemerintah merampungkan pendataan atau pemetaan berapa sekolah terdampak banjir untuk semua tingkatan.

Seorang guru membersihkan meja pascabanjir yang merendam SMA Negeri 8 Jakarta di Bukit Duri, Tebet, Jakarta. Antara Foto

Banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bukan hanya berdampak pada rumah warga. Sekolah-sekolah banyak juga yang terendam atau tergenang air akibat banjir yang terjadi awal tahun ini.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, mendesak pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan langkah cepat guna menangani sekolah-sekolah terdampak banjir tersebut.

"Mengingat musim libur sudah selesai, kami mendorong agar pemerintah merampungkan pendataan atau pemetaan, berapa sekolah terdampak untuk semua level," ucap Hetifah saat dihubungi Alinea.id, Minggu ( 5/1) malam.

Begitu pun bagi sekolah-sekolah yang aman. Semuanya juga tidak lupa harus menjadi objek pendataan. Pasalnya, sekolah yang aman bisa difungsikan untuk tempat pengungsian bagi warga terdampak banjir.

Hetifah menyarankan agar sekolah-sekolah terdampak banjir dapat menginformasikan kepada pemerintah setempat ihwal dampak banjir yang mereka alami. Hal tersebut sebagai modal pemerintah guna memberikan bantuan untuk memperbaikinya jika memang ada kerusakan.