Empat alasan ini membuat konsumen memilih moda transportasi

Isu keamanan dan keselamatan muncul sebagai faktor utama yang menentukan preferensi konsumen

ejumlah penumpang berada di dalam kereta rel listrik (KRL) di Jakarta, Senin (8/7).AntaraFoto

Hasil survei Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) yang bertajuk “Preferensi Konsumen terhadap Layanan Moda Transportasi Darat Urban di Indonesia”  mengungkapkan ada empat faktor penting yang menjadi alasan konsumen memilih moda transportasi. Empat faktor tersebut adalah keamanan, keselamatan, kenyamanan dan keterjangkauan.

Ketua Komunitas Konsumen Indonesia serta Praktisi Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia David ML Tobing, mengatakan, seiring dengan tingginya perpindahan penduduk ke wilayah perkotaan, permintaan penduduk terhadap hadirnya transportasi yang memadai dan layak juga turut meningkat. Tanpa layanan transportasi yang layak, masyarakat akan tetap menggunakan kendaraan pribadi yang berkontribusi pada tingginya tingkat kemacetan di perkotaan.

“Moda transportasi perkotaan saat ini semakin baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Namun demikian, tidak hanya transportasi harus saling terintegrasi, tapi transportasi urban juga harus  mengarusutamakan aspek keamanan dan kenyamanan bagi penumpang,” ujar David dalam keterangan tertulisnya.

Berdasar hasil survei KKI ditemukan, ada empat moda transportasi  yang menjadi pilihan konsumen karena dianggap memenuhi empat faktor pemilihan tersebut. Keempat moda adalah ojek online, taksi online, bus trans dan KRL.

“Dari hasil survei yang kami lakukan, 99,7% responden mengaku pernah atau bahkan sering menggunakan jasa transportasi online. Namun isu keamanan dan keselamatan muncul sebagai faktor utama yang menentukan preferensi konsumen dalam memilih layanan aplikator mana yang akan digunakan.