Foto Jokowi - Ma'ruf di pasaran berbeda dari yang resmi

Perbedaan terjadi pada gestur wajah maupun penulisan nama Presiden dan Wakil Presiden terpilih: Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi dirilis pada halaman Setneg./instagram Darwis Triadi

Sejumlah pedagang bingkai di sejumlah wilayah di Jakarta telah menjual bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Penjualan yang marak ini, menyambut pelantikan Jokowi-Ma'ruf yang akan dilakukan di Gedung DPR-MPR pada Minggu, 20 Oktober 2019.

Foto yang mereka jual berbeda dari versi resmi yang dikeluarkan oleh Sekretariat Negara beberapa hari lalu. Perbedaan terjadi baik pada gestur wajah Ma'ruf Amin maupun penulisan nama.

Pedagang bingkai Bunda Frame di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan misalnya, menjual bingkai foto Jokowi dan Ma'ruf dengan posisi tampak depan. Nama Wapres tertulis K.H Ma'ruf Amin, gestur wajah tersenyum menampakkan gigi, menggunakan dasi warna merah dengan sedikit corak emas bergaris.

Sedangkan pedagang bingkai di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menjual bingkai foto Wapres dengan gestur tanpa senyum dan sedikit menengadah ke atas. Kemudian tulisan nama lengkap beserta gelar pendidikannya, yakni Prof Dr (HC) KH Ma'ruf Amin.

Para pedagang bingkai di dua wilayah ini belum mengunduh foto resmi presiden dan wapres dari laman resmi Sekretaris Negara: www.setneg.go.id.