Pemerintah didesak ambil opsi lockdown Pulau Jawa

Mengunci Pulau Jawa akan menjadi langkah penting dalam pengendalian penyebaran coronavirus.

Seorang warga mengenakan masker saat deklarasi Bersama Lawan Corona (COVID-19) di Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (18/3). Foto Antara/Oky Lukmansyah/foc.

Penyebaran virus SARS-CoV-2 terus meluas. Hingga kini sebarannya sudah menjalar di 27 provinsi di Indonesia. Hanya bersisa tujuh provinsi yang masih belum terjamah Covid.19.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Sukamta meminta, pemerintah segera mengevaluasi skenario penanggulangan Covid-19. Pemerintah diminta mengambil opsi skenario yang lebih tepat untuk menekan penyebaran.

Menurut dia, salah satu opsi yang bisa menekan penyebaran coronavirus adalah langkah isolasi atau lockdown. Dia menjelaskan, opsi kuncitara itu diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

Kuncitara wilayah bisa menjadi pilihan saat ini. "Saat ini, banyak daerah muncul pasien-pasien positif Covid-19 karena pergerakan masyarakat antar-wilayah masih terus terjadi," kata Sukamta di Jakarta, Jumat (27/3).

Politikus PKS itu menerangkan, terkait tren bertambahnya jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19, data Kamis (26/3) menjadi 893 orang dan juga menyebar ke 27 provinsi di Indonesia.