H-1 Tahun Baru, Lalu lintas di Gadog Puncak masih terkendali

Posko angkutan Nataru akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023.

Ilustrasi lalu lintas Puncak. Foto Ntmcpolri

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyebut pergerakan kendaraan di kawasan Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat masih terkendali hingga H-1 perayaan malam Tahun Baru 2023. Menurut Budi, arus kendaraan masih terkendali sebab belum mencapai puncaknya.

Hal ini disampaikan Budi saat melakukan tinjauan penanganan arus lalu lintas kendaraan di wilayah tersebut bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudyaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Jumat (30/12) pagi.

“Diprediksi akan mulai padat malam ini dan besok saat perayaan malam tahun baru. Untuk itu saya minta petugas selain melakukan pengendalian lalu lintas juga menjaga keamanan dan ketertibannya,” kata Budi dalam keterangannya.

Guna mengantisipasi kepadatan kendaraan baik jelang perayaan Tahun Baru 2023 maupun saat arus balik, Budi meminta petugas kepolisian di lapangan menyiapkan rekayasa lalu lintas yang diperlukan. Misalnya, dengan memberlakukan one way, contra flow, atau kebijakan diskresi lainnya yang menjadi kewenangan petugas kepolisian di lapangan.

Selain itu, petugas juga diminta melakukan pengaturan di tempat istirahat (rest area) dan titik-titik lainnya yang berpotensi terjadi kepadatan.