Haji 2022, Menteri Yaqut: Pemerintah sudah siapkan skema dari A sampai Z

Terkait pembiayaan ibadah haji, kata Yaqut, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) berbeda dengan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

ilustrasi. foto Pixabay

Pemerintah memastikan sudah siap menyelenggarakan dan melayani jemaah haji pada tahun ini. Segala hal agar penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan lancar telah dipersiapkan dengan baik.

Kesiapan itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan pers usai rapat terbayas ihwal persiapan pelaksanaan ibadah haji di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5). Rapat terbatas dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami bersama dengan beberapa menteri, termasuk Kepala BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji), Pak Anggito Abimanyu, baru saja melakukan ratas bersama Presiden. Intinya pemerintah sudah siap melayani jemaah haji mulai dari berangkat sampai pulang kembali nanti di tanah air. Kita sudah siapkan skema dari A sampai Z," ujar Yaqut.

Salah satu skema yang disiapkan adalah terkait protokol kesehatan penyelenggaraan ibadah haji di masa pandemi Covid-19. Yaqut menekankan, para calon jemaah haji harus sudah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap. 

"Ini harus dipenuhi oleh jemaah haji kalau ingin berangkat ke Tanah Suci. Ini kita ikhtiarkan agar seluruh calon haji yang berangkat ke Saudi nanti sudah tervaksin sebanyak dua atau vaksin lengkap," ujar dia.