Bongkar kelakuan Dewas TVRI, Helmy Yahya: Demi Allah berat pak!

Helmy mengaku pernah dilarang kakaknya, Tantowi Yahya, untuk mengurus TVRI.

Mantan Direktur Utama TVRI Helmy Yahya menyampaikan persoalan yang memberlit TVRI dalam Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/1)/Foto Antara/Dhemas Reviyanto

Helmy Yahya mengungkapkan persoalan yang dialaminya selama menjadi menjabat Direktur Utama (Dirut) TVRI, termasuk membongkar kelakuan Dewan Pengawas (Dewas) TVRI. Saking peliknya, Helmy bersumpah menolak kembali menjabat Dirut TVRI.

"Saya tidak berpikir saya kembali juga pak, terus terang. Demi Allah, berat pak!" kata Helmy saat memberi klarifikasi terkait pemecatannya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI di Jakarta, Selasa (28/1).

Helmy mengatakan mau kembali menjabat Dirut, namun dengan syarat TVRI mengganti tata kelolanya.

"Kakak saya, Tantowi Yahya yang pernah juga menjadi salah satu pimpinan Komisi I dan dia terus terang melarang saya, ‘ngapain kamu urusin TVRI? Berat, sulit sekali’," ujar Helmy meniru ucapan Tantowi.

Namun, bujukan dari seseorang serta melaui diskusi dengan istrinya, Helmy pun berani melawan larangan abangnya dan meneruskan rencana untuk mengikuti seleksi.