Hindari bully dari tahanan pria dan wanita, Lucinta Luna ditahan sendirian

Penempatan Lucinta Luna di sel khusus dilakukan untuk memastikan keamanannya.

Polisi menghadirkan artis Lucinta Luna (tengah) pada rilis kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2/2020). Foto Antara/Dhemas Reviyanto

Aparat Polda Metro Jaya menyiapkan sel khusus untuk Lucinta Luna yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba. Lokasi penahanan Lucinta menjadi perhatian karena pergantian alat kelamin yang dilakukannya.

Lucinta Luna yang bernama asli Muhammad Fatah, melakukan operasi kelamin dan merubah identitasnya pada 2016 lalu. Polisi pun tidak menempatkannya di sel tahanan pria, untuk menghindari Lucinta Luna jadi korban bullying atau perundungan dari tahanan lain.

"Karena kalau kita taruh di blok pria takutnya di-bully, karena kebetulan juga penuh," kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya, AKBP Barnabas S Imam di Polda Metro Jaya, Rabu (12/2).

Meski demikian, polisi juga mengkhawatirkan hal yang sama terjadi jika Lucinta Luna ditempatkan di sel tahanan wanita. Menurut Barnabas, polisi berkewajiban memastikan keamanan fisik dan psikologis setiap tahanan.

Karena itu, polisi memberi kekhususan pada penahanan Lucinta. Hal ini agar kondisi di sel tahanan tetap kondusif, sekaligus menjaga Lucinta dari hal-hal yang tak diinginkan.