Imigrasi benarkan Harun Masiku tengah berada di Singapura

Imigrasi belum mengetahui kepulangan Harun Masiku ke Indonesia.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. Antara Foto

Direktorat Jendral (Ditjen) Imigrasi mengonfirmasi bahwa Harun Masiku, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menjadi penyuap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, sedang berada di Singapura.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Ditjen Imigrasi, Arvin Gumilang, mengatakan Harun bertolak ke Singapura pada Senin (6/1) atau tepat dua hari sebelum digelarnya operasi tangkap tangan oleh KPK terhadap Wahyu Setiawan.

"Tercatat, (Harun Masiku) tanggal 6 Januari keluar Indonesia menuju Singapura melalui Bandara Soetta (Soekarno-Hatta)," kata Arvin saat dikonfirmasi melalui pesan singkat di Jakarta pada Senin, (13/1).

Arvin mengaku, dirinya belum menemukan jejak atau informasi kapan Harun Masiku akan kembali ke Indonesia. “Belum ada catatan (kembali),” tutur dia.

Sementara Ketua KPK, Firli Bahuri, mengatakan pihaknya tengah mengejar pihak yang diduga sebagai penyuap Wahyu yakni Harun Masiku yang diketahui tengah berada di luar negeri. Untuk itu, KPK berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi untuk menangkap Harun Masiku.