Jaga keamanan digital, pemerintah diminta melakukan 4 hal

Serangan digital yang menyasar berbagai institusi dan badan usaha kian marak belakangan ini.

Anggota Komisi I DPR asal Fraksi Partai Golkar, Nurul Arifin. Dokumentasi DPR

SerangPemerintah diminta melakukan beberapa hal dalam menjaga keamanan digital menyusul maraknya kebocoran data dan serangan siber terhadap kementerian/lembaga (K/L). Salah satunya, meningkatkan sinergi antarinstitusi dan memperkuat sistem keamanannya.

Kemudian, sambung anggota Komisi I DPR, Nurul Arifin, memoderniasi perangkat keamanan. Selain itu, memperbanyak dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang teknologi.

"Paling tidak ada open recruitment SDM yang terlatih atau skillful di setiap kementerian dan lembaga, apakah untuk programmer, IT support, security engineer, dan sebagainya," katanya.

Menurut politikus Partai Golkar itu, SDM yang baik menjadi daya dukung bagi pemerintah dalam meningkatkan keamanan digital di lingkungan K/L negara. Dirinya berkeyakinan, SDM yang ada saat ini sudah cukup bagus, tetapi perlu melakukan peningkatan.

"Indonesia tidak kekurangan anak-anak hebat di bidang IT. Kita lihat sendiri bagaimana anak-anak muda kita banyak memperoleh prestasi dalam beragam event teknologi internasional," tuturnya.