Jakarta diganjar kota terbaik dunia soal transportasi

Jakarta masuk ke posisi tiga besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda), setelah sebelumnya masuk posisi 15 besar dari 200 kota besar

Warga menunggu bus di Halte Bus Transjakarta Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (23/5)./AntaraFoto

DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai kota terbaik ketiga di dunia untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota. Penghargaan itu diraih dari ajang Sustainable Transport Award di Forteleza, Brazil, tahun ini.

Jakarta masuk ke posisi tiga besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda), setelah sebelumnya masuk posisi 15 besar dari 200 kota besar dunia. Raihan ini diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui unggahan di akun resmi facebook miliknya. 

"Kami bersyukur dan bangga berhasil mengalahkan kota-kota dunia seperti Kingston (Kanada), Richmond (Amerika Serikat), Bogota (Kolombia), dan banyak lainnya," tulis Anies dalam unggahan di facebooknya, Kamis (27/6).

Menurut Anies, raihan ini sebagai cerminan atas konsep dan eksekusi integrasi antar moda transportasi publik, peningkatan akses pejalan kaki menuju stasiun dan halte, serta keberhasilan meningkatkan jumlah penumpang Transjakarta sebanyak dua kali lipat dalam waktu dua tahun. 

Anies pun mengapresiasi jajaran Pemprov DKI dan BUMD, serta pihak lain yang aktif membantu secara konstruktif seperti ITDP Indonesia.