Jakarta dinilai belum siap hadapi banjir

Jakarta belum masuk dalam puncak musim penghujan, tetapi sejumlah wilayah sudah tergenang air.

Warga mendorong motornya melintasi genangan banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Rabu (1/1/2020). Foto Antara/Aprillio Akbar

Pengamat sosial dari Universitas Indonesia (UI) Rissalwan Lubis menilai Pemprov DKI Jakarta belum siap menghadapi musim penghujan. Salah satu indikasinya dari sejumlah wilayah di ibu kota pada Senin (21/9) malam dan Selasa (22/9) pagi tergenang banjir. 

Padahal menurut Rissalwan wilayah Jakarta belum masuk dalam puncak musim penghujan atau masih dalam era perubahan iklim yang biasa disebut pancaroba.

Untuk itu, ada baiknya Gubernur Anies dan jajaranya melakukan penanggulangan dan penanganan antisipasi banjir yang lebih parah saat masuk puncak musim penghujan. 

"Masih perlu antisipasi yang lebih maksimal untuk menyambut puncak musim hujan di akhir/awal tahun," kata Rissalwan saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (23/9). 

Salah satunya dengan lebih memperhatikan waduk dan setu sebagai tempat daya tampung air dari intensitas guyuran hujan dan air kiriman dari wilayah hulu Bogor.